Tuesday, June 7, 2011

Mantel Ceria Granny

Alhamdulillah, proyek bikin jaket buat adiknya thole selesai juga walau 'sedikit' diinterupsi oleh kesibukan mempersiapkan ketempatan arisan RT yang membuatku harus pontang panting bikin kue-kue dan beberes rumah. Selama kurang lebih 1 minggu akhirnya jadi juga.


Sebenarnya dari pola contekan, ukuran yang dihasilkan seharusnya lebih kecil dari yang kubuat ini. Tapi mengingat adiknya Thole nanti pastinya akan semakin melar, sayang rasanya kalo cuma bisa dipakai sampai 4 bulan saja, makanya sedikit aku rekayasa sedikit sehingga ukurannya menjadi lebih besar. Alhamdulillah berhasil juga walau dengan modal coba-coba.

Langkah awal membuat jaket ini sebenarnya cukup simple, yaitu dengan membuat rajutan motif granny dengan bentuk segi 6 (lihat gambar), yang kemudian dilipan sehingga bagian tengah/pusat segi-6 menjadi bagian ketiaknya. Diperlukan 2 bagian rajutan semacam ini untuk dijadikan sisi kanan dan sisi kiri. Yang harus diperhatikan adalah ukuran harus sama karena nantinya akan dipadukan.

Motif Granny dengan bentuk Segi-6

Bentuk Segi-6 di atas, bila dilipat akan menjadi salah satu sisi jaket/mantel

Untuk menambah lebih modis dan manis, bagian lengan ditambahkan aplikasi Rib Stitch atau biasanya nampak seperti anyaman bambu rumah (gedeg). Pada bagian perut pun juga ditambahkan aplikasi semacam ini untuk sedikit memperpanjang mantel yang sebenarnya berukuran lebih kecil.

Untuk lengan dan bagian perut menggunakan aplikasi Rib Stitch
Dan inilah hasilnya, mantel ceria granny yang nampaknya cocok untuk anak usia di atas 8 bulan ke atas dan berharap semoga cocok untuk adiknya Thole...
MAntel Ceria Granny Tampak Depan, dengan kancing warna hijau

Tampak Belakang

0 comments:

Post a Comment