Saturday, June 18, 2011

Thole di usia 2 tahun 2 bulan 3 minggu 6 hari

Tak terasa waktu cepat sekali berlalu, sudah hampir 27 bulan usia thole sekarang. Di usianya yang sekarang, sebentar lagi dia sudah mau punya adik untuk teman bermainnya nanti. Sebagai anak usia batita, thole alhamdulillah tergolong sehat dan cukup normal saja walau bobotnya hanya 11.5 kg dengan tinggi 82 cm. Dan kalau diplot ke grafik KMS sih masih termasuk normal di warna hijau. Untuk ukuran anak seusianya, thole termasuk standar saja, tidak kegemukan dan tidak terlalu kurus/kecil. Hanya saja, sejujurnya dalam hatiku aku menginginkan bobotnya bisa lebih lagi, karena pastinya lucu khan kalau anak batita itu chubby en' nyempluk hihihi. Tapi rasanya kok susah banget deh, walaupun nafsu makan thole termasuk lumayan, tapi geraknya itu "mana tahan" alias aktif banget jadi ya kalornya banyak terbakar deh...


Hari Kamis ini, ummi menerima edible coklat ke tante vini yang sudah ummi pesan kira-kira seminggu yang lalu. Alhamdulillah, walau tante vini agak mabok karena hamil muda, tapi masih sempat membuatkan pesanan edible coklat ummi yang bertemakan Cars berwarna merah, kartun kesayangan thole.

Ummi sengaja menyempatkan membuat cake dan menghiasnya khusus untuk thole ketika hari Sabtunya. Tidak ada hari spesial untuk thole meskipun di hari ulang tahunnya. Di mana ummi ingin membuatkan thole insyaAlloh kapan saja sempat dan tidak malas akan ummi buatkan. Alhamdulillah jadi juga.... 

Special Cake buat Thole Tersayang :)

Tak disangka thole seneng banget dengan kue buatan ummi, karena sejak lama memang sudah dijanjikan akan dibuatkan cake bertema cars, tapi karena beberapa waktu lalu ummi disibukkan urusan ketempatan arisan, jadi ga sempet terus. Syukurlah, sebelum adiknya thole lahir, ummi menyempatkan diri untuk membuat cake spesial buat thole.

Anyway, sedikit cerita tentang perkembangan Thole [semoga dokumentasi ini kelak dibaca thole ketika sudah besar ^^,].Secara kognitif dibandingkan thole di usianya yang genap 2 tahun kemarin (kurang lebih 3 bulan lalu), seperti anak pada umumnya yang semakin hari semakin menunjukkan perubahan. Thole sekarang sudah mengetahui semua warna, padahal sebelumnya cuma tahu 3 warna saja. Untuk angka-angka, 3 bulan lalu thole hanya bisa sampai angka 10 saja, tapi sekarang sudah bisa berhitung sampai 19 (kadang 20 suka lupa). Selain itu juga tanpa aku sadari, dia sudah bisa menyebut angka 1-5 dengan bahasa Inggris (untuk hal ini aku agak heran, karena aku tidak pernah mengajari, barangkali dia sering melihat dari VCD interaktif yang sering kusetelkan). Untuk huruf abjad, memang thole tidak terlalu suka belajar hal ini. Barangkali saja ini menurun dari ummi yang paling tidak suka belajar bahasa, tapi lebih suka belajar angka hehehe.... *like mother like son* kali ya, entahlah....

Foto bertiga bersama ummi dan abi

Belajar menyanyi salah satu kegemaran thole. Lagu yang paling disukainya adalah Burung Kakak Tua, Cicak2 di Dinding, Bintang Kecil, Naik2 ke Puncak Gunung, Heli Anjingku, dan Balonku. Hal yang paling lucu adalah ketika menyanyikan Burung Kakak Tua adalah ketika sudah masuk Ref-nya, (Lectum, Lectum, Lectum Oh Lala, dst), maka dia ga akan berhenti sampai ummi dan abinya yang mengecoh dengan lagu lainnya...... Untuk baca doa, thole baru bisa doa mau tidur saja, dan itupun masih belum terlalu fasih, sehingga harus selalu dibenarkan lafalnya.... 

Secara kemandirian, thole sekarang sudah tidak suka mengompol di siang hari. Alhamdulillah kalau mau pipis sudah bisa meminta untuk diantarkan ke kamar mandi, walaupun rasa kebeletnya mungkin sudah memuncak, jadi ketika sampai kamar mandi, celana baru dibuka separo sudah main pipis saja, alhasil tetep aja celananya 'sedikit basah'. Tapi khusus untuk pup, memang ummi harus lebih bersabar lagi untuk mengajari, karena walau sudah bisa di kamar mandi, tapi belum mau naik toilet, alhasil pupnya di ubin kamar mandi, dan dengan rela ummi akan mengambil pupnya untuk dimasukkan ke lubang toilet.. Alhamdulillah, berbahagialah ummi masih diberi kesempatan untuk melayani thole dengan hal menjijikkan sekalipun :)                                                                                  

Dalam berbicara, thole memang kuperhatikan masih belum mampu bercerita dengan kalimat yang lengkap. Terkadang kalau ingin menyatakan pendapatnya atau bercerita sesuatu, dia hanya menggunakan kata-kata kunci saja. Tapi bagaimanapun, ummi dan abi harus bersabar kalau diajak ngomong thole, karena kadang kalau kami tidak paham, dia akan mengulang-ulang terus sampai  keliatan jengkel. 

Sejauh ini, tingkat emosi thole masih terkendali karena ada sosok abi yang lebih dia segani dibandingkan ummi. Ketika dia berperilaku yang tidak kami sukai, maka abi yang menasehati dan dia akan lebih mendengarkan dibandingkan ummi yang sudah ndhower 'mengomel', tapi seringkali thole cuek.

Semoga ketika adiknya thole nanti lahir, dia bisa belajar untuk berbagi semuanya, baik berbagi kasih sayang maupun barang-barang mainan.

~Sayang Ummi dan Abi untuk Thole~
Tumbuhlah menjadi anak yang survive di manapun kamu berada Nak, semoga kamu dikaruniai kehidupan yang mulia Fiddunya wal Akhirat , menjadi pribadi yang rendah hati dan berakhlak mulia, senantiasa berdiri di atas Sunnah, dan selalu menjadikan ilmu untuk amal.


0 comments:

Post a Comment