Friday, August 3, 2012

kotak serbaguna dari kepangan koran bekas

Sudah lama pengen sharing cara membuat kotak yg dihias kepangan kertas koran. Mumpung lagi menanti sahur, disempatkan melengkapi tulisan yang sudah didraft sejak lama. Namun sayangnya, gambar yang tersaji tidak lengkap karena pada saat membuat kerajinan ini tidak sempat terdokumentasikan secara lengkap.

Wujud jadi hasil dari kepangan kertas koran
Alat yang digunakan:
  • Mistar/Penggaris besi
  • Cutter
  • Kuas Cat
  • Glue Gun
Bahan yang diperlukan :
  • kertas koran
  • kardus bekas
  • lem kayu/fox
  • lilin lem tembak 
  • cat kayu
Alat dan Bahan yang diperlukan

Memotong kertas koran dg menggunakan lebar mistar/penggaris secara langsung


Cara Membuat :
  1. Dalam satu eksemplar koran itu biasanya ada 3 lembar, biarkan saja tetap dalam lipatan. Lalu potong2 memanjang (pake cutter lebih mudah) dengan lebar 3 cm (atau kalau punya penggaris besi merk CADWELL ukuran panjang 50cm bisa digunakan langsung untuk ukuran lebar mistarnya)
  2. Setiap potongan dilipat jadi dua kemudian dibuka (akan nampak tilas/bekas garis tengahnya). Kemudian lipat kearah dalam (garis tengah) dari dua sisi luarnya. [Masing-masing lipatan tetap terdiri dari 3 lembar, supaya kelihatan tebal]
  3. Setelah itu lipat lagi sehingga lebar lipatan menjadi kurang lebih 0.75 cm
  4. Ambil 3 lipatan yang sudah disiapkan, mulai kepang seperti mengepang rambut. Ikat ujungnya kalau kesulitan dengan penjepit.
  5. Kalau sudah sampai ujung, tambahkan lagi masing2 lipatan dengan lipatan yang baru dan rekatkan satu sama lain dengan lem kayu FOX. Sehingga pada akhirnya akan menjadi kepang yang sangat panjang. Untuk ukuran kardus AQUA (tinggi separuhnya saja) bisa menghabiskan tali kepang sepanjang kira2 11 meter lebih.
  6. Kalau kepangan sudah tersedia, maka siap untuk ditempelkan di kardus dengan menggunakan lem tembak. (Sebenarnya pakai lem FOX juga bisa, tapi daya rekatnya lebih cepat dengan lem tembak). Penempelan kepang ke kardus dilakukan terus menerus dari baris bawah ke baris atas begitu seterusnya.
  7. Setelah selesai, bisa dicat sesuai warna kesukaan. Kalau saya cenderung suka warna natural, misalnya warna kayu supaya kelihatan seperti anyaman rotan atau kayu betulan. Pengecatan dilakukan di semua permukaan, baik dasar kardus maupun luar kardus bagian bawah
  8. Keringkan hingga cat tidak menempel lagi 
Selamat mencoba :)

Salam Hangat Penuh Semangat
~Goncang Dunia dengan Potensimu
Lian Umminya Thole Ibrahim dan Iskandar

11 comments:

kreatif bgt.. jadi pengen bikin nih

kayaknya gmpang buatnya, coba aaahhhh.....

bagus gan... kreatif
bisa buat tambah2 uang jajan juga noh

klo mau buat bentuk tabung tinggal ditumpuk2 ya?

kalo dibuat bentuk boneka gitu bisa gak gan?

Bunda posisi dimana...apa ada pengepul tali kepang koran..saya minat sambil nyambi momong anak.nuwun. saya Tya jogja..boleh minta contact personnya lewat inbox fb njih..terimakasih

Post a Comment