Saturday, May 28, 2011

Tempat HP atau Tempat BB ya ini???

Rencana awal sih pengen ngabisin sisa benang katun warna bubble dari previous project. Tapi bingung dengan kreasinya yang sulit dan khawatir benangnya tidak cukup. Akhirnya memutuskan untuk membuat tempat HP sajalah dengan variasi tusukan jenis popcorn.


Tak disangka tak dinyana, barangkali karena aku menggunakan hakken yang lebih besar dibandingkan seharusnya (harusnya ukuran 2/0), maka bentuknya jadi lebih besar dibandingkan yang kubayangkan. Alhasil, bentuknya malah menyerupai tempat BlackBerry atau HP jenis Qwerty. Padahal, HP yang kumiliki masih KP jadul yang bentuknya masih ukuran normal. Aaaah, tak apalah, itung2 belum  punya BB tapi nyicil tempatnya dulu, jadi nanti nggak kaget kalau dah punya BB, hehehe..



Tempat BB atau HP Qwerty
Bahan :
- Benang katun lokal warna sembur bubble
- Jarum hakken no 3/0
- Ukuran 9x12.5 cm
Cara Membuat (pola rajut) :
1. Buat 20 ch sebagai dasar. Pola pengulangan dibuat 2 kali
2. Baris 1 : sc di setiap tusukan berkelili
3. Baris 2-5 : sc di setiap tusukan berkeliling
4. Baris 6 : ch 3, 4 dc di tempat yang sama, ikat jadi satu (membentuk popcorn), * ch 1, lompati satu tusukan, popdc (5 diikat jd satu pada satu tusukan)**. Ulangi dari * ke ** berkeliling, sambung dengan sl st.
5. Baris 7 : Sl st di ch 1 buat ch 3, 4 dc di tempat yang sama, ikat jadi satu, * ch 1, popdc di lubang ch 1 baris sebelumnya **. Ulangi dari * ke ** berkeliling, sambung dangan sl st.
6. Baris 8-9 : sama dengan baris 7
7. Baris 10-14 : (sama dengan baris 1) sc di setiap tusukan berkeliling, hanya di ujung kanan dan kiri dalam 1 lubang terisi 3 tusukan sc. Sambung dengan sl st.
8. Baris 15 : ch 3, 4 dc di tempat yang sama, ikat jadi satu (membentuk popcorn), * ch 1, lompati satu tusukan, popdc (5 diikat jd satu pada satu tusukan)**. Ulangi dari * ke ** berkeliling, sambung dengan sl st.
9. Baris 16-17 : sama dengan baris 7
10. Baris 18-20 : (sama dengan baris 1) sc di setiap tusukan berkeliling, hanya di ujung kanan dan kiri dalam 1 lubang terisi 3 tusukan sc. Sambung dengan sl st.
11. Renda. Baris 21 : sl st, sc pada lubang ch 1, ch 5, sc di lubang ch berikutnya. Ulangi berkeliling, pada tusukan terakhir ch 2, dc pada sc pertama.
12. Renda. Baris 22 : ch 5, sc, (ch 5, sc, ch 5, sc) pada setiap lubang berkeliling, tusukan terakhir ch 2, dc di ch 5 pertama pada ch no 1.

(sumber : Pang, Thata. 2007. "Rajutan untuk Pemula". Puspa Swara)

0 comments:

Post a Comment