Friday, May 27, 2011

Tahu Telor

Tahu Telor merupakan makanan ringan rumahan yang lezat dan mudah dibuat. Untuk acara-acara arisan baik untuk sajian maupun untuk isian kotak snack, tahu telor ini bisa jadi alternatif pilihan untuk dicoba sendiri di rumah tanpa harus order.


Selain untuk sajian pertemuan, makanan kecil ini bisa juga menjadi kreasi sederhana untuk cemilan di rumah yang menyehatkan karena kombinasi sayur mayur di dalamnya. Bagi ibu-ibu yang kesulitan menemukan jajanan menyehatkan, tahu telor ini bisa menjadi pilihan. Mengandung protein nabati (dari tahu) dan protein hewani (dari telor), sayur mayur (bayam dan wortel).

Berikut ini, saya share resep coba-coba yang sering sekali saya praktekkan di dapur.

Tahu Telor ala Ummi Thole yang Yummy.....
Bahan :
3 buah tahu (masing2 ukuran +/- 5x5 cm)
2 buah telor ayam
bumbu : bawang putih+merica (boleh juga yang bubuk)
bayam diiris halus secukupnya
wortel diparut secukupnya
1-2 sdm tepung terigu
gula, garam
10 biji telor puyuh, masing-masing bagi jadi 2
1 telor kocok lepas

Cara Membuat:
1. Blender tahu dan telor hingga halus, bila tidak bisa juga tahunya dihancurkan pakai tangan dan campurkan dengan telor yang dikocok lepas.
2. Masukkan wortel parut dan bayam iris halus ke dalam adonan. Campurkan juga bumbu Bawang putih+merica yang sudah dihaluskan. Taburi gula dan garam sesuai selera. Jika ada bisa campurkan kaldu non msg rasa ayam.
3. Aduk rata dan campurkan tepung terigunya.
4. Panaskan kukusan terlebih dahulu kurang lebih 5 menit dengan memberikan kain pada tutup pancinyanya sehingga uap air tidak akan menetes ke bawah.
5. Siapkan cetakan plastik (cetakan bolu negro), olesi dengan sedikit minyak di setiap dindingnya. Masukkan adonan 3/4 bagian cetakan lalu taruh telor puyuh di bagian atas.
6. Kukus adonan kurang lebih 20 menit (atau sampai keliatan sudah mengembang dan matang)
7. Keluarkan hasil kukusan yang sudah jadi perlahan-lahan hingga uap panasnya berkurang/hilang.
8. Apabila ingin langsung dinikmati bisa langsung digoreng dahulu dengan dibaluri telor kocok sebagai kulitnya, namun apabila tidak ingin langsung dinikmati, bisa disimpan di lemari es dan disimpan dalam kotak makanan sehingga bisa dinikmati sewaktu-waktu.

Salam Sehat dan Nikmat

~Ummi Thole~

0 comments:

Post a Comment