Thursday, May 13, 2010

Pussing Selalu Ada di Hati

Memory Di Penghujung tahun 2006


Oleh : Lian Dewi Angellia

Malam sebelum kepulanganku dari Surabaya untuk urusan tes pekerjaan, mama nelpon aku. Katanya sih mau ngabisin bonus pulsa 10ribu freetalk dari MENT*RI, dan mungkin sekalian karena dah kangen sama anaknya yang cantik ini karena sudah smingguan hengkang dari rumah untuk mencari kerja….

Mama crita katanya beberapa hari yang lalu, ada tamu tak diundang masuk ke rumahku. Tamu itu manis dan lucu sekali, tapi kasian kecantikannya tertutupi oleh badannya yang kotor, lusuh dang kurus. Taukah kalian siapa??? Dia adalah binatang kesayangan rasulullah bernama kucing… 

Serta merta mamaku yang berjiwa pemberani, pantang menyerah dan ga suka utang (halaaah ga nyambung banget…) langsung mempersilakan tamu imut itu untuk dijamu ala kadarnya dimandiin dan dibelai2 (plus pedikur menikur pula kali_red)

Singkat waktu, tamu itu menjadi penghuni rumah yang disayangi tak hanya mama tapi juga papa dan adik2ku… Tiap kali mama shalat, si Puss selalu nungguin, ketika papa tidur juga dijagain, mama nyuci piring diliatin seolah pengen bilang “Andai aku bisa bantu…”!!!.

Sehari setelah kedatangannya, si Puss keliatan lebih bersih dengan bulu putihnya yang sesekali nampak ada kembang asemnya turut menghiasi bulu indahnya. Ekor yang menjulang indah semakin menampakkan pesona keelokannya. Adikku yang kembar Linda dan Fulan suka sekali bercengkrama dengan si Puss. Mama suka sekali panggil si Puss dengan sebutan Pussing, sedang papa manggil Tasya (kayak anak masku yang imut yang selalu dirindukan papaku), tapi langsung dikomplain adikku, masak cucu sendiri disamain sama kucing sih. Akhirnya papa mengganti panggilan si Puss jadi Satya, karena kucingnya laki2. Sedangkan kedua adikku mempunyai panggilan beda lagi, mereka suka manggil Maniiisss.

Tak disangka, pas lagi bercanda dengan si Puss, Linda melihat di tubuh si Puss ada kutu yang bikin ngerrrrri aja seisi rumah…. Akhirnya, karena saking sayangny dengan si Puss, mama bela2in ke apotik buat beli obat pembasmi kutu rambut manusia, Peditox namanya…. 

Beberapa saat setelah mendapatkan obat tersebut, langsung aja mama meluluri si Puss dengan Peditox. Tak lama setelah itu, mama tinggal sebentar si Puss supaya obat tersebut bereaksi untuk kemudian akan dimandikan…

Setelah itu, mama kembali ingin melihat si Puss. Tapi sungguh tak disangka, mama tak mendapati si Puss berada di tempatnya. Mama hanya melihat ada sekumpulan cacing menjijikkan yang di situ terdapat nasi dan tongkol. Kira-kira apa yang terjadi?? Yup, tepat sekali!!! Si Pusss Muntah….. Mama kemudian melihat, si Puss bersembunyi di balik kursi dengan badan agaj pucat. Mama baru tersadar bahwa kucing mempunyai kebiasaan menjilati bulunya ketika basah. Hal itu terjadi pada si Puss sehingga dia keracunan Peditox…. Ya Alloh, kasian bgt si Pusss…

Betapa mamaku meyesal sekali, kudengar sesekali suaranya di telepon seperti sudah menganggap si Puss adalah piaraan kesayangan yang sudah lama dipelihara. Setelah kejadian itu, si Puss hanya tergolek lemas di tempat yang sudah disediakan untuknya. Disuapin susu ditolak, dikasih makan juga ga mau….. Kasian benar si Puss. Saking bener2 mama udah nganggep si Puss itu kayak manusia, segera mama “nggerus” obat BIOG*SIK (obat pusing manusia_red) buat dicekokin ke si Puss, tak selesai hanya itu, si Puss juga diblonyo/diolesin minyak kayu putih perutnya…. Denger cerita mama, rasanya pengen ketawa tapi juga tragis kalo tau keadaan si Pusss….. Dalam hatiku, apa ya nggak kepanasan ya kucing dikasih minyak kayu putih. Ada-ada saja nih mamaku saking sudah kehabisan akal.
Singkat cerita, keesokan paginya pas di kereta api yang melaju ke Jogjakarta, kudapati hp-ku berdering. Kubuka dan kudapat sms dari mama. Hanya tulisan ini yang ada di layar hp-ku “Si Puss meninggal dunia tadi jam 08.30. Sekarang mama dan kembar ngubur di tepi sungai. Kembar nangis dari tadi”.

Entah kenapa ada sedikit mendung di mataku, pengen nangis tapi malu sama penumpang sebelahku. Benar2 kurasakan pilu seperti kurasakan perasaan mama dan adik2ku yang menyanding si Puss hingga di akhir penderitaannya. Terkesan lebay banget kali ya, padahal aku juga belum tau wujudnya si Puss itu seperti apa. Dan sebenernya juga aku takut sama makhluk yang namanya Kucing.
Alhamdulillah sore itu sampai juga di Jogja. Bukannya nanyai kabar anaknya yang cantik ini selama di Surabaya, tetapi mama cuma nyeritain si Pusss trus. Yah, panggilan sayang mama ke si Puss adalah Pussing…

Hanya satu kalimat yang diucap mamaku sebelum kepergian Pussing “Puss, kalau kmu hidup aku janji akan merawat kamu sampai kapan-pun, tapi kalau kamu mati aku ikhlas, maafin aku yah, aku ga bermaksud meracuni kamu…”

Satu pelajaran berharga ttg NIAT BAIK. Silakan teman2 yang menyimpulkan sendiri...

0 comments:

Post a Comment