Sunday, May 16, 2010

Kotor = Belajar

Hari ini adalah hari keempat aku melatih Thole anakku untuk tidak memakai diapers, walaupun malam masih tetap kupakai-in diapers sampai kiriman perlak anti air dr mamaku di Jogja tiba ke Bontang. Suamiku sih sebenernya masih nyuruh aku pakaikan diapers buat Thole, secara yang cari duit beliau ini jadi no problemo membelikan diapers setiap minggunya walaupun sebenarnya berat juga klo diitung2.. Tapi mamaku menyarankan utk dilatih ga pakai diapers, ya memang ibu2 jaman dulu khan tidak mengenal diapers jd barangkali “natural is the best” kali ya….. 


Hari ini hawa begitu dingin, setiap sejam – 1.5 jam sekali kubawa Thole ke toilet untuk ‘pee’. Seringkali gagal karena Thole malah mainan air dan barang2 seperti shampoo, sabun dan lain2. Karena saking lamanya hingga 15 menit di toilet ga kunjung “pee” juga akhirnya kubawa keluar. Dan berakhir Thole “pee” di luar toilet beberapa menit kemudian. Sampai akhirnya suamiku bilang “Dek coba dipancingnya jangan pake air dingin, tapi pakai air anget, mungkin Thole mau trus “pee”. Aku pun menuruti kata2 suamiku. Setelah itu, aku pun mempraktekkan dengan mengguyuri perut hingga kaki Thole dg air hangat, dan alhamdulillah berhasil, jadi aku tak was-was dia akan ngompol dalam jarak waktu sejam setelah itu.

Setelah itu, Thole asik mainan meja kecil abinya dan diangkat mondar mandir kesana kemari. Lalu karena ga ada kerjaan akupun ngenet, karena abinya sedang sibuk ngerjain tugas kantor di dalam kamar. Kuperhatikan Thole mainan di belakangku, jadi aku santai saja. Setelah beberapa menit berlalu, aku sedikit curiga karena tak biasanya Thole membiarkanku di depan computer lama2. Biasanya dia langsung beraksi menggangguku kalau aku di depan komputer. Aku pun tetap masih “enjoy” walau ada sedikit keanehan. 

Akhirnya, karena dah capek fesbukan, aku pun ingin ngajakin Thole mainan. “Oooooh tidaaak”, kulihat di sekeliling tempat aku duduk sudah penuh dengan “sesuatu” lembek berwarna coklat. Aku pun bilang “Lho nak, kok bs ambil coklat ini dari mana?”. Karena tadi pagi aku memang beli coklat mete sekardus utk cemilan di rumah. Pada saat itu memang tidak ada bau apapun. Setelah kucoba utk bersihkan, aku baru sadar itu adalah “pup”nya Thole. Huaaaaaaaaaa tidaaak…. Dari lantai, karpet hingga meja kecil utk kerja abinya penuh dg “lumpur”nya Thole…. Aku langsung berteriak ke abi, “Abii…. sesuatu yang buruk terjadi..” Lalu suamiku pun keluar kamar hingga dia cekikikan melihat ada satu sudut bagian rumah sudah berubah penampilannya. Dengan sigap aku gendong Thole dan mencuci badannya hingga bersih. Lalu kupasrahkan ke suamiku utk diajak main supaya tidak menggangguku membersihkan “lumpur”nya.

Aku teringat 3 hari sebelumnya memang pas aku mengajaknya ke toilet, kebetulan dia sedang mau “pup” ketika sekalian “pee”, dan ada juga pas dia tanda2 “pup”, langsung kularikan ke toilet. Tapi hari ini aku lupa mengajaknya utk “pup” karena memang pagi ini jadwal ke pasar dan pulangnya sibuk ngurus belanjaan masuk kulkas. Aku tidak menyesal dengan semua ini, malah justru aku geli mengingat kejadian tadi, alhamdulillah dikasih pelajaran baru… Jadi ingat iklan deterjen “Tak Ada Kotor, Tak Belajar”. 

Luv u my son.... tak ketinggalan juga ummi sayang abi :D

0 comments:

Post a Comment