Friday, April 1, 2011

"jeJamuran" : Makanan Maknyuss dari Aneka Jenis Jamur

Oleh : Lian Dewi Angellia

Pernahkah Anda menyantap nikmatnya makan sate ayam, rendang daging, tongseng kambing, pepes ikan, peyek teri, lumpia ayam, keripik singkong? Pernahkah Anda membayangkan semua menu itu dengan rasa yang sama tetapi diubah bahan utamanya menjadi jamur? 

Jika Anda pecinta kuliner tapi bermasalah dengan kesehatan seperti kolesterol atau asam urat, "jeJamuran" solusinya karena warung ini menawarkan berbagai sajian masakan nikmat dan sehat dengan menggantikan semua bahan utamanya dengan aneka jamur. 


Lokasi dari warung makan "jeJamuran" ini terletak di daerah Niron, Pendawaharjo, Sleman. Kalau dari arah Jogjakarta, kita bisa melewati Jalan Magelang lurus terus hingga melintasi ring road lingkar utara. Setelah melewati lapangan nDenggung Sleman, 1 km dari situ (kira2 di Jalan Magelang km 10.5) ada perempatan belok saja ke kanan (ke arah timur). Warung makan "jeJamuran" terletak 1 km lagi. Posisi warungnya ada di sebelah kiri jalan (utara jalan). Kira2 100-200 meter dari perempatan tersebut (sebelah kanan jalan - selatan jalan) sebenarnya ada juga warung jamuran dan ikan bakar dengan warna papan nama yang hampir sama, tapi bukan itu yang saya maksud.

Papan nama penunjuk arah menuju ke warung "jeJamuran" bisa ditemukan disetiap sisi jalan menuju ke lokasi tersebut, ada di Jalan Magelang dan juga bisa ditemukan bila Anda melewati jalan Monjali.

Papan Nama Penunjuk Arah 
Ketika sampai di warung "jeJamuran", kita akan melihat papan nama besar di depan pintu masuk warung tersebut. Bagi Anda yang membawa motor, parkirnya lumayan dekat karena hanya di depan pintu masuknya saja, sedangkan untuk parkir mobil, area yang disediakan cukup besar kira-kira 50 meter di sebelahnya.

Warung ini didesain secara etnis jawa dengan interior yang tradisional tapi terkesan mewah. Meja dan kursi yang disediakan lumayan banyak, terdapat toilet yang bersih, dan musholla.

Papan Selamat Datang
Pintu Masuk Warung Makan "Jejamuran"
Menurut pak Wiranto, salah satu tukang parkir motor di depan warung ini, waktu buka warung ini adalah pukul 09.00 - 21.20 WIB (untuk order terakhir). Waktu sibuk warung ini sekitar pukul 12.00 hingga pukul 15.00 WIB. Untuk acara-acara tertentu seperti meeting, pesta ulang tahun, dan syukuran bisa memesan terlebih dahulu dengan booking tempat. Tapi khusus hari Minggu dan hari libur, tidak diterima order untuk booking acara tertentu, karena biasanya di hari tersebut peminat "jeJamuran" sudah meluap.

Di dalam warung ini, akan banyak dijumpai contoh budidaya dari jamur yang digunakan untuk mengolah masakan. Jamurnya pun bermacam-macam, yaitu ada jamur kuping, jamur kancing, jamur merang, jamur tiram, dan aneka jamur yang lainnya. 

Koleksi budidaya jamur
Menu yang disajikan di warung makan ini sangat bervariatif, mulai dari sate jamur, rendang jamur, tongseng jamur, pepes jamur, jamur goreng tepung, telur dadar jamur, jamur asam pedas, jamur bakar pedas, jamur goreng penyet, sop jamur, lumpia jamur, tumis jamur lombok ijo, sup krim jamur, tom yum jamur, dan gudeg jamur.

Harga yang dipatok untuk masing-masing menu pun cenderung murah, berkisar dari Rp 3.000/per potong lumpia hingga paling mahal Rp 15.000/porsi (untuk telur dadar jamur dan jamur asam manis), sedangkan menu lainnya rata-rata seharga Rp 8.000 dan Rp 10.000/porsi.

Untuk rasa, saya dan suami menilai jauh dari perkiraan kami, karena kenikmatan yang disajikan benar-benar seperti menyantap makanan dengan bahan bukan jamur. Seperti rasa sate-nya, sangat mirip sekali dengan rasa sate ayam. Bahkan setahun lalu, saya juga pernah mencoba rendang jamur dan tongseng jamur rasanya tak kalah dengan rendang daging dan tongseng kambing. Benar-benar rasa yang maknyusss, dengan harga yang tidak mahal, pelayanan mewah tapi mengesankan, dan fasilitas tampat yang eksotis.

Sate Jamur
Jamur Goreng Tepung Oyster (Tiram)
Tumis Jamur Cabe Hijau
Ketika bertandang ke warung ini, kami hanya bertiga saja yaitu saya dengan suami dan anak (tapi anak tidak makan karena sedang tidur). Jadi, kami berdua memesan 2 piring nasi plus 3 menu masakan di atas (sate jamur, jamur goreng tepung dan tumis jamur lombok ijo) dengan minuman jeruk hangat untuk saya dan es teh untuk suami. Selain itu, kami juga memesan untuk dibungkus 2 porsi nasi putih, 2 porsi sate jamur dan 1 buah lumpia. Total yang harus kami bayarkan hanya Rp 69.000, relatif murah menurut saya. Harga kaki lima tapi rasa bintang lima, sangat mengesankan ^^,....

Silakan mencoba bagi Anda yang berkunjung ke Jogjakarta. Jangan melewatkan wisata kuliner ke warung makan "jeJamuran", karena recommended banget lah pokoknya.... :)

Salam Super Maknyussss 

Jogjakarta, 1 April 2011

0 comments:

Post a Comment